• Konekc PR

Flash Sale E-commerce Tiap Bulan, Untungkah?

Updated: Sep 17





Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “Flash Sale” yang sering digunakan oleh berbagai e-commerce atau pelaku bisnis online untuk meningkatkan penjualan mereka. Flash sale adalah saat di mana toko online menawarkan potongan harga atau promosi besar dalam waktu yang singkat. Tujuannya agar konsumen melakukan pembelian impulsif, meningkatkan penjualan jangka pendek, dan menjual kelebihan stok barang.


Pada umumnya potongan harga yang diberikan saat flash sale jauh lebih besar daripada waktu biasa. Durasi flash sale yang tidak lama serta keterbatasan jumlah barang saat flash sale menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen.


Bagaimana Flash Sale Dapat Membantu Perkembangan Sebuah Bisnis?

Flash sale adalah cara terbaik untuk mengurangi kelebihan pasokan barang yang kamu miliki dengan cepat. Kamu dapat menjual barang yang sudah lama berada di halaman produk dengan harga miring. Hal ini dapat membantu biaya operasional menjadi lebih rendah. Namun kamu harus tetap melakukan riset pasar agar produk tersebut semakin menarik minat konsumen.

Lantas apakah manfaat yang didapatkan dari flash sale sehingga dapat membantu pertumbuhan sebuah bisnis?


1. Meningkatkan Brand Awareness

Ketika sebuah toko akan atau sedang mengadakan flash sale, informasi tersebut pasti beredar di berbagai platform, termasuk media sosial. Orang-orang yang tertarik dengan penawaran yang diberikan kemungkinan akan membeli produk tersebut. Selain membeli, mereka juga akan menyebarkan informasi flash sale ini kepada teman atau kolega di media sosial.


2. Menambah Pelanggan Tetap

Potongan harga yang besar untuk berbagai produk adalah cara yang tepat untuk menarik konsumen-konsumen baru. Setelah mereka membeli produk tersebut dan mengetahui produk mu berkualitas tinggi, kemungkinan besar mereka akan kembali berbelanja lagi di toko mu.


3. Meningkatkan Pendapatan

Menurut data dari Social Marketing Fella, flash sale meningkatkan transaksi sebesar 35% daripada transaksi harian. Penjualan dalam waktu singkat dan pemberian potongan harga, membuat konsumen membeli dengan cepat dalam jumlah yang lebih banyak. Shingga, pendapatan akan meningkat dengan cepat.

Cara Menjalankan Flash Sale yang Sukses

1. Tentukan Tujuan Flash Sale

Menentukan tujuan dapat membantu mengukur kesuksesan flash sale. Putuskan apa yang ingin kamu capai dengan melakukan flash sale; apakah ingin mengurangi jumlah produk, mengarahkan trafik ke laman milik mu dengan memberikan potongan harga yang menarik pada produk yang paling diminati, atau menstabilkan inventaris. Setelah menetapkan tujuan, kamu akan lebih mudah memilih produk apa saja yang ingin ditawarkan saat flash sale.


2. Lakukan Promosi

Salah satu cara menggaet audiens yang besar adalah dengan promosi. Sebarkan informasi tentang flash sale melalui berbagai platform, seperti media sosial, e-mail dan web push notification.


3. Berikan Batas Waktu

Batas waktu flash sale yang ideal adalah tidak lebih dari 24 jam. Menurut data statistik Social Marketing Fella, durasi terbaik adalah dua hingga tiga jam. Flash sale dalam kurun waktu tersebut dapat meningkatkan transaksi sebesar 14%.


4. Pilih Momen yang Tepat

Kamu bisa melakukan flash sale sebelum atau sesudah liburan berlangsung. Musim liburan menjadi musim yang menyenangkan karena banyak toko berlomba untuk menawarkan potongan harga yang besar. Untuk menghindari persaingan yang tinggi dan menarik pelanggan baru, kamu bisa melakukan flash sale sebelum musim liburan. Selain itu, mengadakan flash sale pada hari-hari tertentu juga diperlukan, seperti hari belanja online nasional (Harbolnas), tanggal cantik, atau akhir bulan.


5. Jangan Sering Mengadakan Flash Sale

Melakukan flash sale memang banyak membawa keuntungan bagi para pelaku bisnis jika dilakukan dengan cara yang benar. Namun, sering mengadakan flash sale malah bisa berdampak buruk bagi bisnis. Konsumen tidak akan langsung tertarik pada penawaran flash sale mu. Konsumen akan segera mengetahui jika menunggu lebih lama, mereka akan mendapatkan potongan harga yang lebih besar pada flash sale selanjutnya.


6. Periksa Ketersediaan Stok Barang

Pastikan kamu memiliki stok produk yang cukup untuk ditawarkan dalam flash sale. Hitunglah berapa jumlah produk yang kamu butuhkan.


7. Tetapkan Harga yang Tepat

Setiap konsumen tentu menginginkan harga yang murah dengan kuantitas yang baik. Meskipun dalam event flash sale, kamu harus menetapkan harga yang tepat atau kompetitif agar dapat bersaing dengan toko lainnya. Hindari menetapkan harga yang tinggi, karena akan mengurangi ketertarikan konsumen.