• Konekc PR

Hadir dengan Fitur TikTok Shop, TikTok Siap Terjun ke Dunia E-Commerce?



Belakangan ini, pengguna TikTok ramai membicarakan kehadiran fitur shop atau jual beli di aplikasi hiburan tersebut. Fitur ini awalnya sudah dirilis sejak April 2021, tapi seiring berjalannya waktu popularitasnya pun meningkat.


Sebenarnya, TikTok bukanlah platform media sosial pertama yang meluncurkan fitur shop. Sebelumnya, beberapa aplikasi lain seperti Facebook dan Instagram telah lebih dulu mengeluarkan fitur sejenis. Namun, ada beberapa perbedaan yang dimiliki TikTok Shop dibanding yang lainnya. Lalu, apakah peluncuran fitur ini menandakan kesiapan TikTok untuk masuk ke dunia e-commerce? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!


Popularitas yang makin tinggi setiap harinya tampaknya membuat TikTok tak mau ketinggalan dari aplikasi lain. Dikutip dari The Verge, jumlah unduhan TikTok telah mencapai angka 1 miliar. Bahkan, per Februari 2021, Sensor Tower mencatat unduhan sebanyak 56 juta kali pada aplikasi ini. Dengan perkembangan luar biasa itu, tidak mengherankan jika TikTok percaya diri untuk terjun ke dunia e-commerce, bahkan bersaing dengan marketplace raksasa.


Seiring kepopuleran aplikasi ini, eksistensi TikTok Shop pun terus meningkat. Banyak pengguna TikTok ikut mencoba fitur ini, baik sebagai penjual maupun pembeli. Apa, sih, menariknya fitur ini? Dibanding para pesaingnya, TikTok Shop memiliki beberapa keunggulan yang memikat hati penggunanya:


1. Lengkap dan Praktis

Aplikasi ini menggabungkan fungsi media sosial dan marketplace jadi satu. Saat kamu melihat barang yang menarik perhatianmu, kamu tidak perlu beralih ke marketplace atau situs lain untuk melakukan pembelian. Semua proses belanjamu bisa selesai tanpa harus keluar dari TikTok. Pembelian dapat dilakukan melalui akun toko maupun live streaming. Dengan keunggulan ini, kamu bisa menghemat space memori handphone-mu karena untuk kegiatan belanja dan bermedia sosial cuma butuh satu aplikasi saja.

Selain itu, TikTok Shop juga didukung dengan pilihan pembayaran yang bervariasi, yaitu Ovo, GoPay, Bank Transfer, Dana, Credit Card, Indomaret, dan Alfamart. Tinggal pilih sesuai kebutuhan kamu. Lengkap dan praktis banget, kan?


2. Banyak Promo dan Gratis Ongkir

Beberapa waktu terakhir, TikTok Shop sering mengadakan promo besar-besaran yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari produk skincare, fashion, peralatan rumah tangga, kuliner, dan lainnya bisa kamu dapatkan dengan harga promo. Plus, gratis ongkir seluruh Indonesia. Keunggulan ini tentunya menjadi daya tarik kuat bagi konsumen dan mampu membuat TikTok bersaing dengan e-commerce lainnya.


3. Market yang Luas

Dari tingginya popularitas TikTok kita bisa melihat pangsa pasar yang besar dan menjanjikan, terutama bagi pemilik toko di aplikasi ini. Dengan jumlah pengguna aktif mencapai 800 juta orang, TikTok adalah platform yang cocok untuk mempromosikan sebuah bisnis. Sedangkan bagi pembeli, dengan begitu banyak variasi produk yang ditawarkan, mereka juga punya banyak pilihan dalam berbelanja.


4. Bisa Buat Konten dan Iklan

Kamu pastinya sudah tahu dong, TikTok memiliki fitur pembuat konten. Tidak hanya sebagai hiburan, konten-konten yang muncul di TikTok sangat beragam, bahkan mencakup edukasi dan kesehatan. Fitur keren ini tentunya bisa dimanfaatkan dalam kegiatan promosi. Jika kamu punya toko di aplikasi ini, kamu bisa posting konten yang berisi penjelasan tentang produk andalanmu. Kamu juga bisa bikin iklan menarik untuk merayu viewers agar tertarik beli produkmu. Kalau bisa jualan sambil ngiklan di satu aplikasi, why not?


Nah, itu dia penjelasan singkat tentang tren TikTok Shop yang banyak dibicarakan belakangan ini. Dengan potensi menjanjikan serta beberapa kelebihan di atas, tidak menutup kemungkinan TikTok akan jadi bintang baru dalam dunia e-commerce. Gimana, apakah kamu tertarik untuk ambil bagian di TikTok Shop? Selamat mencoba!