• Konekc PR

Mengenal Strategi Marketing 4P Buat Kamu yang Ingin Mulai Bisnis Baru

Updated: Sep 17





Apakah kamu salah satu orang yang ingin mulai berbisnis? Jika iya, maka ada banyak hal yang perlu kamu pelajari terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun ke dalam dunia bisnis, salah satunya tentang strategi pemasaran. Dalam menjalankan suatu usaha, terlepas dari besar atau kecil ukurannya, strategi pemasaran adalah aspek penting untuk menunjang keberhasilan bisnis tersebut. Nah, di bidang pemasaran ini sendiri ada beragam strategi yang bisa diterapkan sesuai kebutuhan dan kondisi bisnismu. Mungkin akan sedikit membingungkan untuk mempelajarinya satu persatu, tapi jangan khawatir, karena kamu hanya perlu mengenali strategi marketing dasar 4P sebagai langkah awal memulai bisnis. Yuk, kita bahas lebih lanjut!


Istilah strategi marketing 4P telah muncul sejak tahun 1960-an dalam buku karya McCharty, Basic Marketing: A Managerial Approach. Model strategi ini kemudian dikembangkan lagi dari waktu ke waktu menjadi model 5P, 7P, 8P, dan lainnya. Namun, meski sudah berkembang, model 4P tetaplah inti dari metode pengembangan pemasaran. Oleh karena itu, strategi 4P ini yang paling penting dipelajari dalam hal marketing, terutama untuk para pebisnis baru. Adapun 4 elemen yang tercakup dalam 4P adalah product, price, place, dan promotion.


1. Product

Produk adalah kunci utama dari sebuah bisnis. Sebab, dari produk jugalah kamu akan bergerak ke elemen lain seperti harga, tempat, dan promosi. Sebuah produk pun tidak hanya tentang fisiknya saja, karena produk yang kita hasilkan juga mengandung ide dan tujuan di dalamnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan produk apa yang akan kita hasilkan, apa tujuannya, dan apakah produk tersebut akan benar-benar berguna bagi konsumen.

Selain itu, produk yang kamu hasilkan hendaknya memiliki sesuatu yang berbeda dan unik, sehingga bisnismu tidak hanya ikut-ikutan tren, tapi juga dapat bersaing di pasaran. Adapun beberapa faktor yang dapat kamu pertimbangkan dalam proses produksi adalah rancangan produk, fitur, merek, variasi produk, kualitas, dan pengemasan.


2. Price

Harga merupakan salah satu faktor terpenting bagi seorang konsumen dalam memutuskan akan membeli suatu produk atau tidak. Sebagian besar konsumen menghabiskan banyak waktu untuk mencari produk dengan harga terendah. Sebagai penjual, kamu harus memahami bagaimana cara menetapkan harga yang tepat. Pastikan harga yang kamu pasang sepadan dengan kualitas produk yang kamu tawarkan, sehingga konsumen tidak merasa rugi membelinya.

Selain itu, kompetitor bisnismu juga patut diperhatikan. Pasanglah harga yang mampu bersaing dengan para kompetitor agar bisnismu tidak kalah saing di pasaran. Hal-hal yang dapat kamu perhatikan dalam penetapan harga antara lain, metode penetapan harga, kebijakan, strategi, keuntungan, diskon, periode pembayaran, dan kebijakan kredit.


3. Place

Selain dua poin di atas, place atau tempat juga merupakan elemen yang harus kamu perhatikan. Kenapa? Karena dengan memahami cara penempatan barang yang strategis, maka keuntungan bisnismu dan tingkat kepuasan konsumen pun akan meningkat. Dengan menemukan tempat yang tepat, distribusi barang kepada konsumen menjadi lebih cepat dan mudah. Hasilnya, produkmu akan lebih mudah diakses dan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

Selain itu, mudahnya distribusi produk juga akan meningkatkan loyalitas konsumen, lho! Oleh karena itu, kamu dapat melakukan riset pasar untuk melihat dimana tempat pemasaran dan distribusi yang paling pas untuk produkmu. Pastikan kamu sudah menemukan tempat terbaik untuk hasil yang maksimal.


4. Promotion

Jika produk, harga, dan tempat sudah kamu tentukan, maka elemen selanjutnya yang harus diperhatikan adalah promotion atau promosi. Meski ketiga elemen sebelumnya sudah bagus, tanpa adanya promosi bisnismu akan kesulitan mencapai hasil maksimal. Pengakuan yang luas terhadap produkmu sangat penting dalam kemajuan bisnismu. Karena itulah, promosi memiliki peran yang sangat penting.


Promosi pada dasarnya bertujuan untuk memberi informasi terkait suatu produk dan membujuk konsumen untuk membelinya. Strategi promosi yang tepat juga dapat menjadi media komunikasi efektif dengan target konsumen, yang dapat memudahkan pemasaran produk hingga sampai ke tangan mereka. Kegiatan promosi dapat dilakukan di banyak media. Di zaman modern ini khususnya, kamu juga bisa memanfaatkan media digital melalui digital marketing, social media marketing, viral marketing, dan lainnya. Apapun pilihanmu, yang terpenting adalah memastikan promosi tersebut efektif agar bisnismu dapat terus berkembang.


Nah, itu dia penjelasan tentang strategi marketing 4P buat kamu yang ingin mulai berbisnis. Keempat elemen di atas adalah kunci yang harus kamu perhatikan sepenuhnya. Pastikan kamu tidak mengabaikan salah satunya, ya! Dengan memaksimalkan strategi dasar 4P ini, kamu juga bisa mengembangkan strategi lainnya seiring waktu dan mengikuti tren terkini untuk meraih perhatian lebih dari para konsumen.