• Konekc PR

Siap Eksis di Indonesia, Subway Tak Gentar Meski di Tengah Pandemi



Belakangan ini, nama salah satu restoran cepat saji asal Amerika, Subway, banyak dibicarakan di berbagai portal berita. Hal ini bermula dari postingan twitter resmi Subway, @SUBWAY yang mengabarkan kehadirannya di indonesia. Cuitan berbunyi, "Yes, this isn’t another prank. Yes, the news is out. Yes, we’re really coming here. So…” tersebut sontak menjadi perbincangan dimana-mana, terutama di kalangan masyarakat yang memang sudah menanti kehadirannya di tanah air. Apa, sih, yang menarik dari kedatangan restoran ini? Mengapa Subway memilih untuk tetap masuk ke Indonesia meski di tengah pandemi? Simak selengkapnya di bawah ini!

Subway adalah restoran sandwich yang didirikan oleh Peter Buck dan Fred DeLuca pada tahun 1965 di Connecticut, AS. Menu utama di restoran berusia 56 tahun ini tentunya adalah sandwich dengan berbagai varian dan salad. Selain itu, terdapat minuman ringan, snack, dan menu pendukung lainnya yang bisa kamu pilih sesuai selera. Melalui sistem waralaba, hingga saat ini, Subway telah membuka lebih dari 40.000 gerai di seluruh dunia. Pencapaian ini sekaligus menjadikan Subway sebagai restoran sandwich terbesar di dunia.


Bukan Kali Pertama Hadir di Indonesia

Meski mengejutkan, kehadiran Subway di Indonesia ternyata bukan yang pertama kali, lho. Sebelumnya, sekitar tahun 1990-an, Subway pernah membuka cabang mereka di Jakarta dan Bali. Namun, eksistensi mereka tidak bertahan lama, sebab pada tahun 2000-an, Subway memutuskan untuk menutup semua cabang mereka. Penutupan tersebut disinyalir akibat timing yang kurang pas, dimana saat itu kaum middle class belum terbentuk, sehingga Subway gagal mendapat tempat di pasaran.


Daya Tarik Subway

Sebagai restoran khusus sandwich, sandwich buatan Subway selalu terjaga kualitasnya. Selain rasanya yang lezat, ukurannya pun besar. Ditambah lagi, pembeli dapat memilih saus dengan berbagai varian sebagai pelengkap. Sandwich di sini juga disebut-sebut lebih sehat karena mengandung komposisi bergizi seimbang. Lengkap banget, kan? Nggak heran Subway sudah mendapat tempat khusus di hati para peminatnya. Maka dari itu, meski telah lama tidak beroperasi di Indonesia, Subway tak lantas kehilangan penggemarnya. Banyak orang Indonesia yang pergi keluar negeri menyempatkan diri mampir ke Subway untuk mencicipi kelezatan sandwich-nya.


Tetap Buka di Tengah Pandemi

Ide pembukaan kembali gerai Subway di Indonesia tentu tidak tercetus begitu saja. Ada beberapa faktor pendukung restoran waralaba ini percaya diri mengembangkan sayap mereka di tanah air. Salah satunya yaitu minat yang tinggi terhadap restoran ini. Indonesia menjadi satu dari banyak negara dengan permintaan yang tinggi terhadap kehadiran Subway di dalam negeri. Jadi, walaupun dulu sempat tutup lantaran sepi peminat, kini Subway tidak perlu khawatir karena jumlah peminatnya terus meningkat seiring waktu.


Di samping permintaan yang tinggi, Subway juga memiliki beberapa keunggulan, seperti rasa yang lezat dan terbuat dari bahan-bahan bergizi, yang mana dapat memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia akan makanan sehat. Kelezatan sandwich Subway pun dapat dinikmati dengan harga terjangkau. Didukung dengan kenyamanan tempat, Subway juga menawarkan cara pemesanan yang memungkinkan para konsumen mengatur pesanan mereka sesuai selera.

Keunggulan-keunggulan yang dimiliki Subway tersebut diyakini akan menjadi daya tarik yang kuat untuk dapat tumbuh dan bertahan di Indonesia. Kehadiran restoran ini juga akan memperkaya pilihan dan variasi dalam industri Food & Beverage (F&B) dalam negeri. Oleh karena itu, meski pandemi virus COVID-19 tengah melanda Indonesia, Subway tak urung untuk tetap melakukan ekspansi. Didasari oleh segmen pasar yang besar, Subway optimis mereka akan mampu bersaing dan berkembang dengan stabil di Indonesia.


Nah, itu dia penjelasan singkat tentang comeback Subway di Indonesia. Udah nggak sabar? Tenang, kamu akan bisa menikmatinya mulai akhir 2021 ini di wilayah Jabodetabek.