• Konekc PR

Uniqlo Pasang Iklan Billboard Misterius saat Luncurkan Toko Daring



Pada pertengahan September lalu, sosial media Twitter sempat dihebohkan dengan hashtag #ecommercebaru. Bahkan hashtag ini masuk dalam jajaran trending topic Twitter di Indonesia. Beberapa akun bercentang biru di Twitter ikut mengunggah cuitan beserta foto iklan billboard Uniqlo yang terkesan misterius. Iklan billboard tersebut hanya menampilkan sebuah barcode disertai tulisan Launches 17 Sep berwarna merah. Hal ini sontak menjadi pembicaraan publik.

Banyak dari pengguna Twitter mencoba untuk menebak toko daring baru berwarna merah tersebut. Beberapa dari mereka menebak dengan benar. Mereka menuliskan bahwa warna iklan billboard tersebut sangat menggambarkan Uniqlo. Akun Twitter resmi Uniqlo juga membenarkan hal tersebut.


Uniqlo adalah sebuah perusahan ritel global asal Jepang dan baru saja meluncurkan toko daring (e-commerce) pertama mereka di Indonesia pada 17 September 2021. Uniqlo pertama kali hadir di Indonesia pada 2013 dan hingga saat ini telah memiliki 41 gerai yang tersebar di berbagai wilayah.


Pada peluncuran toko daring pertamanya, Uniqlo menjual sekitar 10 ribu item di toko daring mereka. Selain menawarkan koleksi yang lengkap, Uniqlo juga memberikan berbagai potongan harga kepada pembeli. Kesuksesan Uniqlo dalam membuka toko daring pertamanya selain pembicaraan dari “mulut ke mulut”, teknik pemasangan iklan billboard-pun juga berperan.

Penasaran dengan tips pemasangan iklan Billboard outdoor yang baik agar bisa sukses seperti Uniqlo? Tenang, Konekc telah merangkumnya untukmu. Mari kita simak!


Apa sih Iklan Billboard Outdoor?

Iklan billboard outdoor adalah salah satu jenis strategi pemasaran yang menggunakan papan billboard untuk menampilkan informasi tentang perusahaan atau produk atau jasa yang para pemilik bisnis tawarkan. Iklan seperti ini umumnya dapat ditemukan di jalan yang banyak dilalui orang.


Billboard menjadi salah satu platform yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis karena memiliki banyak keuntungan. Beberapa diantaranya adalah karena iklan billboard selalu dilihat oleh orang. Mereka tidak bisa menghindar untuk tidak melihat iklan tersebut. Selain itu, dengan memasang iklan billboard, sebuah bisnis dapat menjangkau ribuan bahkan jutaan orang dalam waktu yang singkat.


Tips Iklan Billboard

1. Tentukan Tempat Pemasangan Iklan Billboard

Penting bagi pelaku bisnis yang ingin memasang billboard untuk melakukan survei tempat pemasangan sebelum menentukan. Hal ini bertujuan agar dapat menemukan tempat yang tepat sehingga iklan dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.


Jangan memasang iklan billboard di tempat-tempat tersembunyi atau tertutup oleh gedung tinggi. Sebaiknya, pasanglah billboard di tempat yang dekat dengan jalan utama, sehingga para pengguna jalan bisa secara langsung melihat iklanmu.


2. Tulis Pesan yang Singkat

Meskipun layar billboard cukup luas dan dapat menampung banyak kata, namun lebih baik untuk tidak menulis lebih dari delapan kata dalam satu kalimat. Tujuannya agar pembaca atau calon konsumen dapat menangkap pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut.


Kamu bisa meminta kepada teman atau kolega bisnismu untuk membaca tulisanmu dalam waktu lima detik. Jika mereka dapat langsung memahami isi konten iklanmu, dapat diartikan bahwa tulisanmu sudah baik dan bisa ditempatkan di billboard.


3. Buat Tulisan yang Mudah Diingat

Iklan yang singkat namun jelas akan mempermudah masyarakat untuk memahami isi informasi yang disajikan. Untuk itu, sebaiknya rangkailah kata-kata yang dapat dengan mudah diingat oleh konsumen, meskipun itu singkat. Kamu juga bisa memberikan sebuah slogan yang dapat membuat konsumen mengingatnya meskipun tidak melihat iklanmu lagi.


4. Gunakan Gambar

Menurut ilmu psikologi, penyajian visual selalu dapat menarik perhatian orang banyak, bahkan bisa selalu diingat. Maka ketika membuat iklan billboard, akan lebih baik jika menggunakan lebih banyak gambar daripada tulisan. Cara ini akan memudahkan konsumen untuk mengetahui atau menemukan produk atau jasa apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.


Selain gambar, pemilihan warna juga penting untuk iklan. Berilah warna yang menarik perhatian orang, seperti merah, hijau, dan emas. Dengan menggunakan warna-warna tersebut, setiap pengguna jalan akan langsung melihat iklan billboard-mu.


5. Sertakan Informasi Kontak dan Website

Jangan lupa untuk sertakan kontak yang dapat dihubungi, website, dan sosial media dari bisnismu. Pencantuman informasi ini dapat memudahkan konsumen untuk mencari dan menggali secara lebih dalam tentang bisnismu.